Thursday, September 15, 2011

Superkomputer Untuk Meramal Masa Depan


Perkembangan teknologi kini semakin maju dan modern, kitabanyak melihat dan menemukan berbagai perangkat elektronik yang canggih didalam kehidupan kita sehari hari, misalnya perkembangan handphone, BlackBerry,Laptop, Komputer dan hal lainnya.

Salah satu perkembangan teknologi yang cukup menakjubkanadalah superkomputer yang dapat meramalkan masa depan. Memang kedengarannya agakmustahil karena ini merupakan perangkat yang diciptakan oleh manusia. Tapiitulah keadaannya.


Superkomputer ini dapat meramalkan masa depan melaluidata-data yang diolah dari berbagai berita diseluruh dunia. Berita-beritatersebut dianalisa berdasarkan 2 tipe informasi, yaitu mood dan lokasi. Moodmerupakan berita yang didalamnya terdapat berita baik dan buruk. Sedangkanlokasi adalah tempat kejadian berita.

Contoh analisa superkomputer peramal tersebut misalnya moodyang mengumpulkan berita tentang peristiwa bencana dan gempa, kemudian lokasimengumpulkan berita tentang wilayah Aceh. Hasilnya adalah kemungkinanterjadinya bencana dan gempa di Aceh yang berpotensi dapat mengakibatkantsunami. Itu hanyalah contoh dari kemampuan superkomputer peramal tersebut.


Namun, walau bagaimanapun juga, superkomputer peramal tersebuthanyalah sebuah alat ciptaan manusia. Ada kemungkinan benar dan juga adakemungkinan salah.

No comments:

Post a Comment