Monday, September 12, 2011

Awas Virus Berbahaya di Facebook !!!


Semalam saya baru aja memperbaiki laptop yang systemnyaada crash, setelah beberapa kali saya perbaiki ternyata mau nggak mau laptopsaya harus diinstal ulang dengan Sistem Operasi (OS) Windows 7. Setelahbeberapa kali saya analisa, ternyata penyebab dari kerusakan laptop tersebutadalah virus. 

Bahaya yang ditimbulkan oleh virus semakin lama semakin parah.Cara penyebaran dan infeksi virus juga bervariasi, bisa lewat CD/DVD, USB,maupun internet, bahkan bisa juga melalui situs-situs jejaring sosial.


Mari kita bahas sama-sama tentang virus yang ada di situsjejaring sosial, misalnya aja kita ambil contoh Facebook karena situs jejaringsosial ini sudah banyak sekali yang menggunakan. Di Facebook sendiri sudah adabanyak orang yang menaruh virus, salah satu caranya adalah dengan menggunakanchat yang berisi link.


Isi dari chat atau percakapan tersebut kadang aneh,secara otomatis ada pesan yang isinya menyuruh kita untuk membuka link yang adadi dalam chat tersebut. Biasanya virus yang ada di dalam link tersebutmerupakan virus sejenis worm atau rootkit, yang memiliki nama virus Click1.

Yang lebih parah, virus Click1 ini meskipun masih baru,tapi udah punya puluhan varian. Banyak orang yang kena virus ini disebabkankarena virus ini masih baru, jadi belum semua antivirus bisa mendeteksinya.

Bagi kita yang masih awam, ada baiknya kita lakukantindakan pencegahan sebelum kita terinfeksi virus ini. Salah satu tindakanpencegahan yang paling mudah adalah jangan asal mengklik link yang ada dalamchat yang nggak jelas. 


Karena seiring dengan perkembangan teknologi yangsemakin modern, berkembang pula tindakan kejahatan di dunia maya ini, baikberupa virus, worm, spam dan lainnya.



No comments:

Post a Comment