Wednesday, September 28, 2011

Memetik Hikmah dari Film Rise of the Planet of the Apes

Rise of the Planet of the Apes
 

Salah satu film yang berkisah tentang ilmu pengetahuanyang menarik bagi saya adalah film Planet of the Apes. Film ini menceritakanbagaimana ilmu pengetahuan yang ingin diteliti oleh manusia justru berubahmenjadi malapetaka. Selain itu, dalam film ini kita bisa belajar banyak haluntuk menjadi manusia yang sebenarnya. Manusia yang menyayangi binatang, bukanmenyakiti binatang. Justru kekejaman dan ketidakadilan manusia tersebut yangakan kembali kepadanya.


Dalam film terbaru Rise of the Planet of the Apes, parailmuwan meneliti tentang obat dan zat kimia yang bermanfaat untuk dunia medis. Dalampenelitian tersebut, mereka menggunakan kera sebagai  kelinci percobaan. Salah seorang ilmuwanbernama Will Rodman memang memiliki tekad untuk menemukan obat penyakitAlzheimer karena ayahnya terkena penyakit tersebut dan ia ingin menyembuhkanayahnya.

Sayangnya niat untuk menyembuhkan ayahnya tidak disertaidengan perasaan terhadap hewan kera tersebut. Salah satu kera penelitian yang bernamaCaesar memiliki keanehan dibandingkan dengan kera lainnya. Rodman mengira akandapat menerima keberuntungan karena mungkin dia menemukan penyembuhan untukpenyakit Alzheimer tersebut. Keanehan yang dimiliki oleh Caesar sepertikecerdasan dibanding dengan kera pada umumnya.


Semakin lama, Caesar tumbuh menjadi kera yang semakincerdas. Tiba-tiba terjadi konflik, Caesar menyerang dan terlihat sepertikera liar. Akibat konflik tersebut, Caesar harus berada di tempat rehabilitasi.

Selama di tempat rehabilitasi, Caesar belajar banyak hal.Mungkin karena dia cerdas, jadi dia mengamati segala sesuatu di tempat tersebut,interaksi sosial dan sebagainya. Dia semakin pintar ketika dia sadar bahwawalaupun dia hanya sebatas kera, tapi dia merasa diperlakukan tidak adil. 

Caesar mengumpulkan semua spesies kera dan bersatu untuk berjuang mendapatkanhak mereka yang telah diperlakukan tidak adil oleh manusia. Caesar dan pasukan kera berjuang untuk melawan manusiayang telah berbuat seenaknya.




Dalam film Rise of the Planet of the Apes ini,kita bisa mengambil banyak pelajaran, diantaranya adalah jangan pernah sombong,karena kesombongan hanya akan menjurus pada malapetaka.


Sumber gambar :

No comments:

Post a Comment