Wednesday, September 7, 2011

Belajar Memasang Google Analytics

 Bagi kita seorang blogger yang senang mengelola blog, mungkinkadang kita penasaran dengan pengunjung blog kita. Apakah pengunjung tersebutdari Indonesia atau bukan, dan penasaran dengan data lainnya. Sebagian bloggermungkin sudah menggunakan script atau aplikasi lainnya untuk mengetahui datapengunjung blog tersebut misalnya dengan menggunakan Histats, Sitemeter, danyang lainnya.

Salah satu situs yang dapat digunakan sebagai trackeratau pendeteksi pengunjung adalah Google Analytics yang telah disediakan olehSearch Engine Google. Dalam situs Google Analytics ini kita dapat mendaftarsecara gratis dengan menggunakan account google kita, biasanya sama denganaccount blogger kita supaya lebih mudah.

 
Google Analytics merupakan salah satu dari sekian banyak layanan yang dimiliki olehGoogle. Sesuai dengan namanya, Google Analytics dapat meng-analisis blog kitadan menampilkan data yang mungkin kita perlukan. Misalnya aja di dalam analisistersebut, ada kata kunci atau keyword yang paling sering digunakan orang untukmengunjungi blog kita.

Kita jadi mengetahui hal yang cukup penting, selain itujuga ada data lainnya, seperti jumlah pengunjung per hari, page per view,halaman yang sering dibuka oleh pengunjung dan berbagai data yang telahdianalisis dengan bantuan Google Analytics ini. Sehinga semua pengunjung blogkita akan dianalisis oleh layanan Google tersebut.


Cara memasang Google Analytics di dalam blog kita adalahsebagai berikut :

Pertama kita buka situs dengan alamat http://www.google.com/analytics/,nanti akan muncul halaman utama seperti ini


Kemudian klik Access Analytics, hingga muncul menuselanjutnya. Kemudian isikan data sesuai dengan account blogger yang kitamiliki, terus kita klik Sign In.


Setelah berhasil masuk, kemudian cari dan klik Create NewWebsite Profile. Kemudian isi sesuai dengan data yang dibutuhkan seperti urlblog kita dan lainnya. Jika sudah, klik Continue.


Selanjutnya akan muncul halaman Tracking Code, inimerupakan bagian terpenting dalam Google Analytics agar dapat menganalisis datayang ada di dalam blog kita. Untuk itu, ada script yang telah disediakan olehGoogle Analytics tersebut yang harus kita masukkan ke dalam blog kita.


Copy kode yang ada di dalam Google Analytics tersebut,kemudian kita masukkan ke dalam blogger kita. Buka blogger kita, kemudian klik MenuDesign dan pilih submenu Edit HTML. Masukkan kode Google Analytics tersebutsebelum tanda </head>. Kemudian klik SaveTemplate. Kembali lagi ke Google Analytics, kita klik pilihan Save and Finishyang ada di paling bawah sebelah kiri.

Nah, sudah selesai. Kitatunggu untuk analisis data selama beberapa waktu yang dibutuhkan. Setelah itukita dapat mengetahui data yang kita butuhkan. Oke, sekian informasi yang dapatsaya bagikan kepada para blogger sekalian, salam sukses…


No comments:

Post a Comment