Thursday, September 8, 2011

Belajar Menggunakan Google Webmaster Tools


Bagi kita, para blogger yang senang mengelola Blog kita,tentu kita ingin sekali blog kita dapat terindeks dalam Search Engine Google.Banyak cara yang dapat digunakan agar blog kita tersebut dapat terindeks, mulaidari cara yang sportif sampai dengan cara yang kurang baik.

Google memiliki sebuah layanan untuk blogger kita,layanan tersebut namanya Google Webmaster Tools yang merupakan sebuah situsagar blog kita dapat terindeks oleh Google. Googe Webmaster Tools juga dapat menyediakan laporan detailtentang keadaanblog kita dari Google.


Google Webmaster Tools juga hampirmemiliki fungsi yang sama seperti Google Analytics, misalnya aja denganfungsinya yang dapat memantau berbagai data lengkap tentang  keadaan blog kita, seperti link internal daneksternal  ke blog kita dan traffic blogsecara update, bahkan kita juga dapat tahu bagaimana cara orang dapatmengunjungi blog kita, salah satunya dengan keyword yang mudah digunakan dandicari banyak orang.

Bagi yang belum tahu tentang Google Webmaster Tools ini, sayaakan menjelaskannya di sini. Pertama, harus membuka alamat www.google.com/webmasters/tools/ kemudian kita bisa isi datauntuk Sign In, biasanya data yang dimasukkan sama persis dengan account Bloggerkita ataupun email Gmail kita. Jika sudah diiisi, kita bisa klik Sign In.


Selanjutnya akan tampil halaman utama, disini kita bisamasukkan data url blog kita dengan mengklik “Add a site” dan ketik url blogkita, kemudian enter atau continue.


Kemudian kita akan menuju pada halaman “Verify Ownership”,disini kita harus memasukkan data yang dibutuhkan ke dalam blog kita. Tampilanverify tersebut adalah seperti ini.


Untuk lebih mudah, kita bisa menggunakan cara alternativeuntuk verifikasi ini, caranya adalah dengan mengklik submenu “Alternate Methods”.Nanti kita akan ditampilkan pada tiga pilihan alternatif, sebaiknya pilihpilihan yang pertama, yaitu pilihan untuk memasang Meta Tag ke dalam HTML Blogkita. Caranya adalah dengan meng-copy kode tersebut.



Pilihan :

Buka blogger kita, kemudian klik Menu Design dan pilihsubmenu Edit HTML. Masukkan kode Google Webmaster Tools tersebut sebelum tanda </head>. Kemudian klik Save Template. Kembali lagike Google Webmaster Tools, kita klik pilihan “Verify”  yang ada di paling bawah sebelah kiri.

Nah, sudah selesai. Kitatunggu untuk analisis data selama beberapa waktu yang dibutuhkan. Setelah itukita dapat mengetahui data yang kita butuhkan. Semoga informasi ini dapat berguna buat kita semua ya...


No comments:

Post a Comment