Monday, September 19, 2011

Serangan Berbahaya Virus Tersembunyi



Virus kini sepertinya semakin berbahaya, hampir setiappengguna internet memiliki pengalaman tersendiri dengan serangan virus.Walaupun sudah menggunakan antivirus, virus tetap menyerang dengan system dancara yang lebih canggih, sehingga tidak dapat terdeteksi oleh antivirus, baikantivirus lokal maupun antivirus internasional.

Di Facebook, virus dapat menyebar melalui statusatau  chat. Virus ini dinamakan virusClick1 yang merupakan sejenis worm dan memiliki banyak varian. Hingga saat inibelum ada antivirus yang mampu untuk menangani serangan virus Click1 yangmenginfeksi kita ketika kita mengklik sebuah link yang terdapat dalam chat.


Lain halnya dengan virus yang satu ini, jika kita mencaridi search engine seperti Google dengan menggunakan keyword atau kata kuncitertentu, maka tentunya kita akan diberikan situs yang terkait  dengan keyword yang kita gunakan. Sayangnyaada virus yang hinggap pada beberapa keyword, misalnya keyword Heidi Klum, CameronDiaz, dan Piers Morgan.

 Heidi Klum


 CameronDiaz


 Piers Morgan


Ketika kita mencari sesuatu dengan keyword Heidi Klum, atauCameron Diaz, atau Piers Morgan, maka akan muncul semua situs yang terkait. Diantara semua situs yang muncul, ada kemungkinan beberapa situs di antaranyaadalah virus.


Virus yang terdapat dalam situs tersebutbermacam-macam jenisnya, mulai dari jenis Trojan, Worm, dan sebagainya. Virusini bekerja seperti virus pada umumnya, yaitu kita membuka situs tersebutsehingga secara otomatis akan mengaktifkan virus tersebut yang pada akhirnyaakan menginfeksi komputer kita.


Cara terbaik yang efektif menurut saya adalah menggunakan antivirus pada komputer kita, kemudian kita bisa tambahkan dengan berbagai program lainnya, seperti aplikasi Deep Freeze yang berguna untuk memproteksi data dan sistem kita walaupun terkena serangan virus.


Langkah lainnya untuk mengantisipasi serangan virus ini adalah dengan menggunakan program System Restore yang berguna untuk mengembalikan kondisi komputer ke masa lampau, yang sebelumnya telah kita setting terlebih dahulu di System Restore.


Gambar : Google

No comments:

Post a Comment