Wednesday, September 14, 2011

Ada Virus dan Scam Di Facebook


Beberapa hari lalu saya pernah membuat postingan tentangvirus di Facebook. Virus ini merupakan kategori worm dan memiliki banyakvarian, jadi jika kita biarin aja di komputer kita, lama kelamaan virus iniakan berkembang biak dan menyebar. Misalnya ada satu virus worm, bisa jadiratusan virus atau bahkan ribuan. Serangan dari virus worm adalah semakin lamaakan semakin banyak jumlahnya serta menyebar ke berbagai jaringan.


Berbagai kasus dan pengaduan yang pernah saya dengar,kemudian beberapa teman saya mengalami serangan virus, bahkan saya juga terkenavirus. Tapi saya sendiri juga belum tahu darimana asal virus ini, setelah sayaperiksa ternyata virus ini berasal dari Facebook.
 Di dalam Facebook, ternyata ada virus worm yang menyebarmelalui chat dan status, bahkan juga komentar. Serangan ini merupakan serangan virus yang paling berbahaya karena nggakpernah kita duga sebelumnya bahwa di Facebook ternyata ada virus. Salah satu jenisvirus yang ada namanya adalah virus Click1. Virus Click1 ini bekerja ketikakita mengklik link yang terdapat di Facebook, baik melalui chat, wall dan jugakomentar.


Salah satu antivirus yang sudah dapat mengetahui adanyavirus di komputer adalah AVG. Mungkin saya rasa karena ada banyak keluhan danlink yang nggak jelas, mereka dapat menemukan virus tersebut. Saya juga merasaada banyak link yang nggak jelas, awalnya saya pikir itu semua hanyalah spam,namun ternyata virus.

AVG menggunakan LinkScanner untuk mengetahui isi linkkita di Facebook. Dengan menggunakan LinkScanner tersebut, AVG dapat mengetahuibahwa kebanyakan link yang ada di Facebook itu sebenarnya virus. Banyak linkyang di share oleh orang lain, dengan bilang bahwa itu adalah video, foto,informasi dan lainnya, padahal itu merupakan virus yang bekerja dengancara  kita klik.


Bahkan juga ada scam yang diketahui oleh AVG sudah banyakmenyebar di Facebook kita. Kelebihan scam ini adalah dapat membuat accountFacebook sendiri secara otomatis dan dapat melewati sistem keamanan, bahkancaptcha juga dapat ditipu oleh scam ini. Bahayanya scam ini adalah dapatmengetahui informasi penting yang kita miliki seperti nomor rekening kitamisalnya.

Namun, AVG masih belum mampu mengatasi serangan virusworm Click1 ini. Menurut informasi yang saya denger dari beberapa teman saya yangterkena serangan virus ini, baru ada satu antivirus yang sudah bisa mendeteksidan melindungi kita dari serangan virus Click1, yaitu Kaspersky. Sayangnya antivirusini supaya bisa bekerja lebih optimal, kita harus mengeluarkan uang karenatidak gratis alias berbayar.

No comments:

Post a Comment