Tuesday, June 28, 2011

PPC Lokal Terbaik

PPC Lokal Terbaik - Bila teman-teman memiliki sebuah blog dengan pengunjung yang cukup lumayan banyak tapi kebingungan ingin me-monetize atau membuat blog tersebut bisa menghasilkan uang, maka pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai program PPC, khususnya program PPC lokal terbaik yang dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan sampingan dari blog.

Sebelum membahas lebih jauh tentang PPC lokal terbaik seperti dalam judul tulisan ini, maka sebelumnya saya perkenalkan dulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan PPC. Bagi teman-teman yang selama ini sudah tau arti PPC tentu penjelasan ini sudah tidak diperlukan lagi. Namun bagi masih benar-benar pemula dalam dunia monetize blog tentu akan sangat membantu, bila membaca dan mengetahui terlebih dahulu tentang makna dan arti dari PPC.

PPC atau kependekan dari kata Pay Per Klik adalah sebuah program periklan di internet, dimana para pemilik blog atau website akan dibayar ketika seorang pengunjung blog melalukan klik terhadap iklan yang tayang.

Nah.. setelah tau sekilas tentang apa yang dimaksud dengan program PPC diatas, maka selanjutnya akan kita bahas mengenai PPC lokal terbaik, atau dalam istilah lain PPC Indonesia terbaik yang dapat digunakan untuk me-monetize blog. Tentu banyak diantara teman-teman yang masih sulit menentukan program PPC Indonesia mana saja yang paling cocok dan tepat untuk dijadikan sebagai patner untuk mendapatkan uang dari blog.

Menurut pengalaman penulis Karo Cyber sendiri, dimana blog ini sendiri pertama berdiri pada pertengahan tahun 2008 dan kemudian pada bulan Mei 2009 resmi telah memakai program PPC untuk menghasilkan pendapatan sampingan, maka beberapa program PPC lokal sudah pernah dipasang diblog ini.

Sejauh pengalaman penulis menggunakan PPC lokal tersebut, maka berikut adalah riview program PPC lokal terbaik yang pernah penulis rasakan sampai saat ini:

- Kliksaya.com
Kliksaya adalah salah satu PPC lokal terbaik dan terpercaya menurut penulis. Adapun alasan menjadikan Kliksaya sebagai PPC lokal terbaik adalah karena PPC ini konsisten. Artinya sepanjang waktu kita akan mendapatkan penghasilan dari Kliksaya selagi blog kita masih tetap memiliki visitor yang ramai. Kenapa saya sebut konsisten dan tetap mendatangkan penghasilan? Karena para pengiklan di kliksaya itu sangat banyak, sehingga jarang channel iklan yang sudah kita tayangkan diblog kekosongan iklan, sehingga penghasilan perbulannya akan tetap stabil dari kliksaya. Semakin banyak visitor blog kita, maka akan semakin banyak pula penghasilan yang kita terima dari kliksaya.

Alasan lain yang menjadikan kliksaya menjadi PPC lokal terbaik adalah karena dalam hal pembayaran, kliksaya juga selalu konsisten. Artinya bila pada akhir bulan teman-teman sudah menghasilkan Rp 100.000 sampai kelipatannya, maka sudah dapat dipastikan teman-teman akan mendapatkan bayaran melalui berbagai rekening Bank di Indonesia pada awal bulan berikutnya antara tanggal 1 sampai tanggal 7. Hal ini sudah pasti dan selama pengalaman penulis menggunakan kliksaya tidak pernah telat bayar dari tanggal yang sudah ditetapkan tersebut.

Adapun penghasilan yang didapatkan dari setiap klik iklan dari Kliksaya menurut pengalaman penulis adalah antara Rp 200 s.d Rp 300. Namun meski jumlah yang didapat setiap klik sangat kecil, tapi pada kenyataanya bila jumlah pengunjung blog kita ramai, maka bukan tidak mungkin uang receh yang terkumpul setiap kliknya akan menghasilkan ratusan ribu, bahkan jutaan rupiah setiap bulannya.

Meski memiliki banyak kelebihan seperti sebagian yang sudah saya sebutkan diatas, maka tentu program PPC kliksaya juga tentu memiliki beberapa kelemahan. Adapun menurut saya keleman dari kliksaya adalah, bahwa bila teman-teman baru memiliki blog dan pengunjungnya masih sedikit, maka tentu saja teman-teman tidak diperbolehkan memasang PPC ini. Adapun aturan dari kliksaya mewajibkan paling tidak blog anda harus memiliki 10.000 page views yang dikunjungi setiap bulannya agar dapat menjadi salah satu publisher kliksaya.

- Kumpulblogger.com
Kumpulblogger adalah program PPC yang pertama sekali digunakan diblog ini dengan penghasilan yang cukup menjanjikan. Teman-teman akan dihargai Rp 300 setiap iklan yang tayang diklik oleh pengunjung blog kita. Dalam hal sistem pembayaran kumpulblogger yang paling cepat, dimana anda akan dibayar setiap akhir minggu antara hari Sabtu dan Minggu ketika sudah mengumpulkan penghasilan Rp 10.000 dan kelipatannya melalui Rekening berbagai Bank di Indonesia.

Selain itu bagi anda blogger pemula, meski belum memiliki jumlah pengunjung blog yang ramai, maka dengan menggunakan kumpulblogger anda bisa langsung menjadi salah satu publishernya karena tidak ada jumlah batasan minumum pengunjung blog yang diterapkan pihak kumpulblogger untuk menjadi publishernya.

- Adsensecamp.com
Adsensecamp adalah PPC yang paling pertama kali dipasang diblog ini. PPC Adsensecamp juga terbukti adalah salah satu PPC Lokal yang dapat menghasilkan duit bagi blogger. Dari segi penampilan adsensecamp tergolong cukup menarik dan bahkan menurut penulis adalah salah satu PPC lokal yang memiliki tampilan iklan yang paling menarik diblog publisher.

Sistem pembayaran dari Adsensecamp juga dilakukan setiap awal bulan. Jumlah minumum pembayaran adalah Rp 10.000. Uniknya melalui PPC ini anda juga bisa menerima pembayaran melalui Paypal dan Rekening berbagai Bank Lokal Indonesia.

Adapun kekerungan menurut penulis mengenai Adsensecamp adalah, bahwa dari pengalaman penulis sendiri, jumlah klik iklan yang dihasilkan dari Adsensecamp seperti tidak begitu menjanjikan. Bukan cuma penulis yang merasakan hal ini. Namun banyak para blogger yang mengeluh tentang jumlah klik iklan Adsensecamp yang tidak berimbang antara jumlah klik dan pengunjung blog.

- IdBlognetwork.com
IdBlognetwork adalah salah satu PPC lokal yang meski baru lahir, yaitu pada bulan Agustus 2011 langsung menjadi idola para blogger di Indonesia. Hadir sebagai PPC Premium, IdBlognetwork akan menghargai setiap klik iklan Rp 1000 s.d Rp 2500. Selain itu iklan yang menjadi advetiser si Idblognetwork adalah merek brand seprti halnya propider telepon seluler, produk handphone, minuman ringan dan berbagai merek brand lainnya.

Blogger akan dibayar setiap awal bulan melalui rekening berbagai Bank Indonesia, antara tanggal 5 sampai tanggal 7 dengan ketentuan minumum penghasilan para blogger adalah Rp 300.000. Bedanya dengan PPC lokal lainnya adalah, bahwa ketika anda menerima bayaran dari IdBlonetwork, maka blogger akan dipotong pajak sebesar 2% dari total pendapatan keseluruhan bagi yang memiliki NPWP, sementara 4% bagi yang tidak memiliki NPWP.

Adapun kelemahan dari IdBlognetwork menurut pengalaman penulis adalah, bahwa masih sangat sedikit advetiser yang melakukan campagin melalui jaringan PPC ini. Artinya setiap bulannya akan terjadi kekosongan iklan pada channel yang ditayangkan oleh blogger dimasing-masing blognya, sehingga penghasilan yang didapatkan juga belumlah begitu maksimal.

Selain itu bagi teman-teman yang baru ingin mendaftarkan diri menjadi publisher baru di jaring IdBlognetwork jangan kaget, sebab melalui jaringan ini anda harus mendapatkan rekomendasi terlebih dahulu dari publisher aktif agar cepat mendapatkan tanggapan disetujui atau tidak disetujui sebagai publisher baru. Apabila anda mendaftarkan diri tanpa rekomendasi dari publisher aktif, maka pendaftaran yang anda lakukan akan diperiksa dalam waktu antara 1 hari sampai 4 bulan.

- Innity.com
Innity sebenarnya dapat dikatakan adalah sebagai PPC Semi Lokal, sebab program PPC ini sebenarnya bermarkas di Malaysia. Namun karena program PPC ini diperuntukkan untuk para blogger yang ada di Asia termasuk Indonesia, sehingga saya tempatkan saja sebagai salah satu PPC lokal.

Innity juga adalah salah satu PPC premium, dimana para advetiser yang melalukan campagin melalui jaringan ini adalah advetiser brand seperti halnya IdBlognetwork. Sistem pembayaran Innity belum bisa dikomentari secara jauh oleh penulis. Sebab sampai tulisan ini dibuat, blog Karo Cyber sendiri masih belum pernah menerima pembayaran dari program PPC ini. Namun dari berbagai informasi yang didapatkan penulis dari forum, bahwa Innity memang terbukti membayar melalui Cek dan juga Bank Lokal di Indonesia.

Batas minimal pembayaran Innity adalah sebesar Rp 1.000.000, dengan masa waktu pengiriman pembayaran sekitar 45 hari. Artinya ketika kita mendapatkan minimal Payout pada akhir bulan Juni 2011 ini, maka bayaran baru kita terima pada pertengahan bulan Agustus 2011.

Adapun menurut penulis salah satu kelemahan dari Innity adalah, bahwa kunjungan keblog teman-teman harus memiliki page views minumum 100.000 setiap bulannya agar dapat menjadi salah satu publisher di Innity.

- Sitti.co.id
Sitti adalah salah satu PPC paling unik. Mengapa saya katakan sebagai salah satu PPC paling unik, sebab PPC lokal asli Indonesia satu-satunya yang dipasang oleh situs-situs besar di Indonesia, seperti misalnya Kompas.com dan Detik.com.

Menurut pengalaman penulis yang menanyangkan PPC Sitti dalam kurun beberapa hari terakhir, bahwa situs ini terbukti paling baik dalam hal menghitung jumlah klik iklan. Selain itu melalui Sitti iklan yang tampil rata-rata adalah iklan Brand dan situs-situs ternama, seperti halnya situs Global TV.

Rata-rata jumlah penghasilan setiap klik iklan dari Sitti adalah Rp 350 s.d Rp 600. Sejauh ini penulis Karo Cyber juga belum bisa berkomentar banyak tentang tata cara pembayaran dari Sitti, sebab sejauh ini Karo Cyber baru saja mengikuti program PPC ini dan belum sempat mendapatkan pembayaran. Meski demikian dari hasil diskusi diforum internet, bahwa Sitti juga sudah terbukti membayar melalui berbagai Bank di Indonesia. Batas minimum pembayaran adalah Rp 100.000 dan masa waktu pengiriman pembayaran akan berjalan selama 60 hari. Artinya jika teman-teman mendapatkan batasan minumum pembayaran pada akhir bulan Juni 2011, maka teman-teman akan menerima pembayaran tersebut pada bulan Agustus 2011. Tentu lamanya tenggang waktu pembayraan ini, juga merupakan salah satu kelemahan dari sistim PPC ini.

Itulah sekilas program PPC Lokal terbaik yang sudah pernah penulis gunakan. Bagi teman-teman yang memiliki pengalaman memasang PPC Lokal lainnya yang dianggap salah satu program PPC terbaik, maka silahkan teman-teman menambahkannya pada kolom komentar dibawah. Semoga saja tulisan yang cukup lumayan panjang ini dapat bermanfaat bagi teman-teman blogger semuanya.

sumber:http://karodalnet.blogspot.com/2011/06/ppc-lokal-terbaik.html

No comments:

Post a Comment