Sunday, January 2, 2011

Cara Jitu Kelola Keuangan Anda di 2011

Tahun 2011 telah tiba, sudah saatnya hidup yang terencana penuh dengan bahagia harus anda raih. Semangat yang didapat dari hiruk pikuk perayaan malam tahun baru seyogianya anda bina minimal untuk satu tahun kedepan. Hal utama yang mungkin dapat dilakukan adalah mengelola keuangan, karena dengan keuangan yang tertata bisa dijadikan sebagai motor penggerak untuk anda melangkah lebih baik lagi dimasa yang akan datang.




Berikut cara lengkap yang di rangkum dari berbagai sumber, sebagai bahan pedoman didalam melakukan pengelolaan keuangan di tahun 2011 :


Buat laporan Keuangan ( budgeting & Cash flow )
Ini hal pokok dan paling awal yang harus anda persiapkan sebelum melakukan hal-hal lain, dengan laporan pengeluaran ini nantinya lalulintas uang anda bisa di deteksi dan diikuti kemana larinya, dengan laporan ini juga anda bisa menentukan perencanaan pengeluaran kedepannya dengan melihat history yang ada.

Sisihkan 10 - 30% dari gaji setelah menerimanya
Patut diperhitungkan kebiasaan yang setiap kali baru menerima gaji bawaannya selalu belanja belanja belanjaa...hal seperti itu harus diminimalisir, sebelum melakukan aktifitas atas gaji yang anda peroleh langsung tentukan 10-30% dari gaji tersebut untuk di simpan. Gunakan rekening yang berbeda jika anda menyimpan dibank. Simpanan tersebut nantinya bisa anda gunakan untuk ivestasi, mencari sumber dana baru selain gaji.

Bayar semua tagihan
Semua tagihan harus dibayar lunas, agar tidak terjerat denda/bunga yang besar. Hindari pembayaran dengan minimum payment. Karena itu hanya akan membayar bunganya saja, belum utang pokoknya, sehingga di bulan-bulan depan anda tidak terbebani lagi oleh hutang.

Belilah berdasar kebutuhan, bukan berdasar keinginan
Gunakan prisnsip kebutuhan jika anda hendak berbelanja, karena Kebutuhan adalah hal yang Utama, sedangkan keinginan adalah sesuatu yang sifatnya Egois dan itu bisa ditunda. Jika keinginan sampai mengalahkan kebutuhan pasti hidup anda akan tersiksa dan sudah barang tentu anda akan sangat menyesal dibuatnya. Penuhi dahulu sesuatu yang sifatnya memang mendesak untuk anda butuhkan.

Kreatif untuk tidak boros, menghemat pengeluaran
Gunakan ide-ide kreatif anda dalam menentukan pilihan dengan berprinsip pada pengeluaran seminim mungkin. Banyak hal yang dapat dilakukan misalnya saja jika anda mau membeli suatu barang, survei dulu ke tempat lain jangan membeli barang pada satu lokasi. Jika memungkinkan bandingkan harga satu tempat dengan tempat yang lainnya. Kemudian buang jauh-jauh image bahwa harga mahal pasti bagus, tak selamanya barang yang mahal itu bagus. Tentukan barang yang anda beli itu sesuai dengan anda, bukan mahal atau bermerknya suatu barang yang bisa anda dapat tapi kesesuaian dan kecocokan dengan anda yang patut dipertimbangkan.


Harapannya setelah anda mengikuti semua tips dan trick menghemat gaji diatas, anda akan menjadi pribadi yang efektif dan efisien dalam menjalani hidup ini. Bukan justru akhirnya menjadi manusia yang pelit atau penuh perhitungan. Karena jika anda pelit dan perhitungan pasti akan dijauhi oleh orang-orang terdekat anda.



Review : suara merdeka, jarno.web.id,maubisnis.com
Tags : cara menghemat uang, tips mengelola keuangan, cashflow, tidak boros, hemat, tidak pelit, kreatif, pedoman dalam pengelolaan keuangan, mengelola gaji, hemat menggunakan gaji

No comments:

Post a Comment