Sunday, April 10, 2011

Jenis macam-macam cokelat dan manfaatnya

http://4.bp.blogspot.com/_M1sxQyZR4P8/S73Q2T7n7VI/AAAAAAAAAF8/mZwxgm4u4Yc/s320/200802214705_coklat.jpg

http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2010/02/08/1026051p.jpg

http://blog.ub.ac.id/olopsimarmata/files/2010/05/100525dcokelat.jpg

  • Kakao adalah produk cokelat yang terbuat dari massa kakao setelah lemak kakaonya dipisahkan. Produk ini sangat mudah diolah dan ekonomis. Bisa didapati di warung-warung sekitar tempat tinggal Anda.

  • Cokelat putih adalah cokelat yang umumnya berwarna putih ini tidak mengandung massa kakao yang tinggi. Selain dikonsumsi langsung, cokelat putih kerap digunakan untuk dekorasi. Cokelat ini terbuat dari lemak cokelat, gula, dan vanili yang tidak mengandung cokelat padat. Karena mudah hangus, ada baiknya dimasak secara hati-hati.

  • Cokelat susu adalah jenis cokelat yang merupakan campuran gula, kakao, cokelat cair, susu, dan vanila. Cokelat jenis ini paling banyak dikonsumsi. Massa kakaonya cukup rendah, hanya 20 persen dan rasanya lebih manis dibandingkan cokelat tawar. Cokelat satu ini pasti disukai anak-anak karena bisa langsung disantap dengan rasa yang manis. Kandungan susunya membuat rasa menjadi lebih lembut. Jika Anda hendak membuat kue, cokelat jenis ini bukanlah pilihan yang baik. Selain kandungan cokelatnya relatif sedikit, cokelat ini mudah hangus bila dilelehkan.

  • Cokelat tawar adalah cokelat yang baik digunakan untuk kue, cake, dan aneka makanan ringan lainnya. Persentase massa kakao bervariasi, antara 30-70 persen. Semakin tinggi konsentrasi massa kakao, semakin baik flavor-nya.

  • Couverture adalah jenis cokelat terbaik. Cokelat ini murni dengan persentase lemak kakaonya yang tinggi, sehingga menghasilkan flavor yang sangat baik. Biasanya digunakan untuk pembuatan produk cokelat buatan tangan. Sebelum digunakan, cokelat jenis ini melalui proses temper (dilelehkan) terlebih dahulu.
sumbe:http://viemoetwise.wordpress.com/jenis-macam-macam-cokelat-dan-manfaatnya/

No comments:

Post a Comment