Monday, August 1, 2011

25 Manfaat Penting Puasa / Berpuasa





Jangan pernah menganggap remeh bahwa puasa hanya akan menghasilkan lapar serta dahaga saja...disisi lain.. ternyata puasa memiliki banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh. Baik itu untuk kesehatan fisik maupun untuk kesehatan psikologi kita, dengan kata lain dapat dikatakan bahwa berpuasa adalah baik untuk kesehatan jasmani maupun rohani.

Termasuk puasa dibulan Ramadhan seperti saat ini.


Berikut Manfaat yang di peroleh dengan berpuasa baik itu kesehatan Jasmani Maupun Rohani :

  • Melatih Pikiran Untuk Menjadi Positif, diharapkan pada bulan puasa anda di tuntut untuk mampu mengendalikan pikiran-pikiran negatif terhadap hal-hal yang seringkali anda temukan dalam kehidupan sehari-hari
  • Melatih Perilaku Untuk Menjadi Baik,Para ahli meyakini bahwa perubahan pola pikir akan mengubah juga perilaku orang tersebut. Bila pola pikirnya baik, maka pola perilakunya juga akan mengikuti baik. Nah dibulan Ramadhan ini setiap kali anda diajak untuk berpikir dan berprasangka baik jika tidak ingin puasa anda menjadi batal.
  • Membiasakan Kesabaran, menguatkan kemauan, mengajari dan membantu bagaimana menguasai diri, serta mewujudkan dan membentuk ketaqwaan yang kokoh dalam diri
  • Membiasakan umat berlaku Disiplin, Bersatu, cinta keadilan dan persamaan, juga melahirkan perasaan kasih sayang dalam diri orang-orang beriman dan mendorong mereka berbuat kebajikan
  • Membersihkan usus-usus, memperbaiki kerja pencernaan, membersihkan tubuh dari sisa-sisa dan endapan makanan, mengurangi kegemukan dan kelebihan lemak di perut.
  • Mematahkan Nafsu. Karena berlebihan, baik dalam makan maupun minum serta menggauli isteri, bisa mendorong nafsu berbuat kejahatan, enggan mensyukuri nikmat serta mengakibatkan kelengahan.
  • Mengosongkan hati hanya untuk berfikir dan berdzikir. Sebaliknya, jika berbagai nafsu syahwat itu dituruti maka bisa mengeraskan dan membutakan hati, selanjutnya menghalangi hati untuk berdzikir dan berfikir, sehingga membuatnya lengah. Berbeda halnya jika perut kosong dari makanan dan minuman, akan menyebabkan hati bercahaya dan lunak, kekerasan hati sirna, untuk kemudian semata-mata dimanfaatkan untuk berdzikir dan berfikir.
  • Orang kaya menjadi tahu seberapa nikmat Allah atas dirinya
  • Mempersempit jalan aliran darah yang merupakan jalan setan pada diri anak Adam.
  • Puasa itu seperdua sabar, dan sabar itu seperdua iman.
  • Berpuasa akan terwujud dalam diri kita mental tegar dan tahan banting, sehingga mampu untuk mengahadapi berbagai tantangan, cobaan, godaan, dan ujian dalam kehidupan ini.
  • Sebagaimana puasa Ramadhan ini hanya berlangsung dari waktu subuh sampai maghrib, sebenarnya kita masih punya kesempatan yang cukup untuk mengisi kembali cadangan energi kita yakni pada saat sahur dan berbuka. Hal ini memungkinkan adanya pergantian sumber energi, yang tadinya bersumber dari gula darah ke lemak tubuh. Penggunaan sumber energi dari lemak akan membantu dalam menurunkan berat badan, merawat jaringan otot, dan pada kondisi tertentu dapat menurunkan tingkat kolesterol. Sebagai tambahan, penurunan berat badan itu sangat baik dalam mengendalikan penyakit diabetes dan menurunkan tekanan darah. Proses detoksifikasi toksin juga terjadi selama kita berpuasa, baik untuk diketahui bahwa berbagai jenis toksin yang tersimpan pada lemak tubuh akan larut dan dibuang dari tubuh seiring pembongkaran lemak menjadi sumber energi.
  • Saat berpuasa ternyata terjadi peningkatan HDL and apoprotein alfa1, dan penurunan LDL ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.
  • Keadaan psikologis yang tenang, teduh dan tidak dipenuhi rasa amarah saat puasa ternyata dapat menurunkan adrenalin.
  • Jumlah sel yang mati dalam tubuh mencapai 125 juta perdetik, namun yang lahir dan meremaja lebih banyak lagi. Saat puasa terjdi perubahan dan konversi yang massif dalam asam amino yang terakumulasi dari makanan. Sebelum didistribusikan dalam tubuh terjadi format ulang. Sehingga memberikan kesempatan tunas baru sel untuk memperbaiki dan merestorasi fungsi dan kinerjanya. Pola makan saat puasa dapat mensuplai asam lemak dan asam amino penting saat makan sahur dan berbuka. Sehingga terbentuk tunas-tunas protein , lemak, fosfat, kolesterol dan lainnya untuk membangun sel baru dan membersihkan sel lemak yang menggumpal di dalam hati.
  • Penghentian konsumsi air selama puasa sangat efektif meningkatkan konsentrasi urin dalam ginjal serta meningkatkan kekuatan osmosis urin hingga mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Dalam keadaan tertentu hal ini akan member perlindungan terhadap fungsi ginjal. Kekurangan air dalam puasa ternyata dapat meminimalkan volume air dalam darah. Kondisi ini berakibat memacu kinerja mekanisme local pengatur pembuluh darah dan menambah prostaglandin yang pada akhirnya memacu fungsi dan kerja sel darah merah.
  • Dapat menjauhkan seragan penyakit jantung dan pembuluh darah, karena terjadi penurunan kadar apobetta, menaikkan kadar apoalfa1 dibandingkan sebelum puasa.
  • Membuat Panjang Umur, Penelitian endokrinologi menunjukkan bahwa pola makan saat puasa yang bersifat rotatif menjadi beban dalam asimilasi makanan di dalam tubuh. Keadaan ini mengakibatkan pengeluaran hormon sistem pencernaan dan insulin dalam jumlah besar. Penurunan berbagai hormon tersebut merupakan salah satu rahasia hidup jangka panjang.
  • Kesuburan laki-laki, Dalam penelitian tersebut dilakukan penelitian pada hormon testoteron, prolaktin, lemotin, dan hormon stimulating folikel (FSH), Ternyata hasil akhir kesimpulan penelitian tersebut puasa bermanfaat dalam pembentukan sperma melalui perubahan hormon hipotalamus-pituatari testicular dan pengaruh ke dua testis.
  • Puasa mengakibatkan membaiknya pada penderita radang persendian (encok) atau rematoid arthritis, terdapat korelasi antara membaiknya radang sendi dan peningkatan kemampuan sel penetral dalam membasmi bakteri.
  • Beberapa hari setelah puasa hormon testoteron dan performa seksual meningkat pesat melebihi sebelumnya.
  • Rasa lapar saat berpuasa membuat pikiran semakin tajam dan kreatif
  • Di dalam otak kita, ada sel yang disebut dengan “neuroglial cells”. Fungsinya adalah sebagai pembersih dan penyehat otak. Saat berpuasa, sel-sel neuron yang mati atau sakit, akan “dimakan” oleh sel-sel neuroglial ini.
  • Pengaturan dan pembatasan asupan kalori akan meningkatkan kinerja otak, dan itu terjadi ketika kita melakukan puasa.
  • Diet yang tepat seperti berpuasa, secara signifikan bisa melindungi otak dari penyakit de-generatif seperti Alzheimer atau Parkinson.
  • Bagi mereka yang kegemukan, lanjutnya, berpuasa bisa menjadi ajang untuk menurunkan berat badan ke tingkat yang normal. Kegemukan terjadi, salah satunya karena makanan yang tidak diproses dengan baik di dalam tubuh dan ditimbun menjadi lemak. Orang yang berpuasa memiliki metabolisme tubuh yang lebih baik yang mampu mengubah kelebihan lemak menjadi energi. ''Namun ini tentu harus dibarengi dengan pola makan dan nutrisi yang sehat
  • Sementara itu, bagi mereka yang kurus, berpuasa sangat bermanfaat untuk meningkatkan berat badan. "Pengaturan makan dengan nutrisi yang baik dan sehat, ditambah dengan metabolisme yang lancar, bisa memperbaiki kekurangan berat badan yang dialaminya,






Review : peperonity, republika, dunia-panas
Tags : manfaat berpuasa dari segi kesehatan, manfaat puasa dari segi psikologis, manfaat puasa untuk kesehatan jasmani, manfaat puasa untuk kesehatan rohani, manfaat puasa untuk kebaikan, keutamaan berpuasa di bulan ramadhan, kelebihan puasa di bulan ramadhan, terapi puasa, puasa untuk kesehatan, hidup sehat dengan berpuasa, hukum-hukum berpuasa, dampak positif melakukan puasa, puasa untuk ibu hamil, puasa untuk anak kecil, kegunaan berpuasa, manfaat puasa ramadhan, manfaat puasa dilihat dari berbagai aspek

No comments:

Post a Comment