Thursday, March 31, 2011

Teknik Digital Wujudkan Imajinasi

Teknik Digital Wujudkan Imajinasi

Anda tentu akrab dengan dongeng-dongeng dari Disney, kan? Dari Donald Bebek, Miki Tikus, sampai dengan Putri Salju, dan di alam modern sekarang ada Rapunsel di dunia film animasi. Semua dongeng menjadi indah karena daya khayal kita dibuai dengan cerdas. Namun, bagaimana caranya membawa alam dongeng ke dunia nyata dalam bentuk foto dengan tokoh yang nyata pula?

Saat ini Disney Park sedang membuat program ”Let the Memories Begin”. Dongeng-dongeng Disney akan diperankan berbagai bintang terkenal dan direalisasikan dalam bentuk foto oleh wanita fotografer terkenal Annie Leibovitz. Anda mungkin ingat karya Leibovitz yang sangat legendaris, yaitu foto John Lennon memeluk Yoko Onno. Lennon dan Onno sama-sama telanjang, tetapi foto itu tidak vulgar. Juga foto Demi Moore sedang hamil tua, difoto setengah telanjang.

Dalam program terbaru Disney ini, Penelope Cruz, misalnya, akan memerankan The Beauty dari dongeng The Beauty and The Beast, Olivia Wilde akan memerankan Ratu Jahat dari dongeng Snow White and the Seven Dwarfs, serta Queen Latifah memerankan Ursula dalam dongeng The Little Mermaid.

Seperti telah disebut di atas, dongeng menjadi indah karena daya khayal orang yang didongengi bekerja membentuk berbagai imaji yang diperlukan agar dongeng bisa ”berjalan”. Dalam proyek Disney kali ini, semua imaji akan direalisasikan dalam bentuk rekayasa digital.

Dalam pemotretan Queen Latifah sebagai Ursula, misalnya, Latifah adalah tokoh nyata, sedangkan guritanya adalah tokoh khayali. Maka, saat pemotretan, Latifah dipasangkan dengan gurita raksasa buatan dari bahan lateks. Setelah pemotretan, foto diselesaikan dengan rekayasa digital, misalnya pembuatan latar belakang lautan dan ombak-ombaknya.

Proyek Disney ini menunjukkan bahwa dunia fotografi digital sudah merambah ke mana-mana. Tidak cuma di dunia iklan dan keperluan sehari-hari, tapi juga dunia dongeng! Arbain Rambey

No comments:

Post a Comment